Sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla berfirman, “Aku adalah pihak ketiga (Yang Maha Melindungi) bagi dua orang yang melakukan syirkah, selama salah seorang diantara mereka tidak berkhianat kepada mitranya. Apabila diantara mereka ada yang berkhianat, maka Aku akan keluar dari mereka (tidak melindungi)” (HR. Abu Dawud dan Al-Hakim).

Umat Islam harus bersatu dan saling tolong menolong dalam membangun kemitraan (syirkah) dalam bisnis. Allah SWT memberikan Rahmat diantara dua orang yang melakukan syirkah selama mitra tidak menipu. Umat Islam harus membangun modal bisnis bersama dengan cara syirkah baik mudarabah atau musharaqa, sehingga tidak menggunakan pinjaman bank dengan bunga.

Ketika budaya syirkah sudah tertanam kuat, maka orang kaya yang mempunyai harta berlebih tidak didepositkan di bank yang mengandung bunga, dan orang yang membutuhkan modal usaha tidak meminjam uang di bank yang mengandung bunga. Ketika syirkah sudah berjalan, maka akan ada alternatif solusi modal terhadap Riba.

Dalam bersyirkah yang diutamakan adalah rahmat dan keberkahan, karena didalamnya timbul rasa saling tolong menolong, silaturahmi dan doa. Prinsip syirkah sangat menjunjung keadilan, untung rugi ditanggung secara adil oleh kedua belah pihak. Prosentase bagi hasil merupakan kesepakatan kedua pihak dengan merlandaskan rasa saling ridho dan ikhlas.

Coba bandingan jika modal bisnis diperoleh dari bank, maka akan semakin menimbulkan ketimbangan ekonomi, dimana orang kaya akan semakin kaya, karena dengan mendepositkan uang di bank tidak akan ada potensi mengalami kerugian dan orang miskin akan semakin miskin karena modal yang diambil dari bank akan ada tambahan bunga dengan potensi kerugian.

Bandingkan dengan prinsip syirkah yang mengusung prinsip keadilan dan keberkahan. Modal bersama, untung rugi ditanggung bersama-sama, ada saling tolong menolong, silaturahmi dan doa.

Syirkah adalah alternatif Riba. Praktik Riba akan hilang ketika umat ini bersatu dan bersama-sama melakukan syirkah. Umat Islam yang diberikan kelebihan harta jangan mendepositkan uang di bank dan transaksi spekulatif pasar saham, selain karena dosa Riba akan timbul ketimbangan ekonomi dan hilangnya keberkahan. Umat Islam harus melakukan syirkah untuk melawan Riba.

Mari hadirkan solusi alternatif dengan membangun syirkah dan berinvestasi bersama AZ Farm Group. Syirkah yang dirahmai, diberkahi dan bebas Riba.