“Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar dan beriman kepada Allah.” (QS: Ali Imron 110)

Setiap umat manusia dilahirkan untuk berdakwah yaitu menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah daripada yang mungkar. Umat terbaik adalah mereka yang senantiasa istiqomah dalam melakukan dakwah dengan menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah daripada yang mungkar. 

Setiap muslim berkewajiban berdakwah dengan menyampaikan yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki. Di dalam sebuah hadits Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam memerintahkan setiap muslim untuk menghilangkan kemungkaran sesuai dengan kemampuannya;

"Barangsiapa diantara kalian yang melihat kemunkaran, hendaknya dia merubah dengan tangannya, kalau tidak bisa hendaknya merubah dengan lisannya, kalau tidak bisa maka dengan hatinya, dan yang demikian adalah selemah-lemah iman.” (HR. Muslim).

Tantangan dakwah tidaklah pernah akan semakin ringan, melainkan akan semakin berat dan hebat bahkan semakin kompleks dan melelehkan. Begitu banyak permasalahan umat yang kini semakin kompleks dan telah mengakar kuat dalam masyarakat. Dalam proses dakwah saat ini juga harus menghadirkan alternatif solusi yang lebih baik untuk umat, sehingga kebermanfaatan dan kontribusi dakwah bias lebih dirasakan secara nyata oleh masyarakat.

Banyak orang yang melakukan praktik Riba karena keterpaksaan keadaan. Mereka memerlukan solusi nyata untuk keluar dari keburukan tersebut. Jangan sampai kita berdakwah hanya melarang, memarahi, bahkan melecehkan tanpa ada solusi yang berarti. Masyarakat butuh solusi alternatif agar bias keluar dari jurang Riba.

Dakwah dengan seruan adalah perbuatan yang sangat baik dan mulia, namun jangan hanya sebatas melarang, mencegah dan meyuruh. Kita harus berfikir dan bekerjasama untuk menghadirkan solusi alternatif untuk permasalahan Riba yang begitu kompleks. Perubahan kehidupan masyarakat akan jauh lebih baik, jika dakwah kita juga menghadirkan solusu alternatif yang kongkrit.

Dakwah adalah jalan hidup umat manusia yang harus senantiasa mewarnai setiap perilaku dan aktifitasnya. Permasalahan Riba tidak akan selesai dengan cepat jika tidak ada solusi. Gerakan dakwah untuk memerangi Riba harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh untuk mencari dan menemukan solusi alternatif yang terbaik.

Masyarakat sudah menunggu solusi alternatif perbasalahan Riba yang sudah sangat menghancurkan seluruh aspek kehidupan. Mari bergabung bersama AZ Farm Group untuk berdakwah dengan solusi terbaik. Kami sangat membutuhkan dukungan, ide, gagasan setiap umat, agar muncul solusi alternatif terbaik untuk perubahan dan perbaikan masyarakat.