AZ MODAL

Modal pertanian dan peternakan semakin tahun semakin meningkat, seiring dengan meningkatnya harga dan kebutuhan. Sebagian besar petani dan peternak tidak sanggup mendanai usaha tani yang padat modal dengan dana sendiri dan peminjaman modal menjadi pilihan.

"Kurangnya pemberian modal di sector perikanan dan pertanian disebabkan karena berbagai risiko tinggi (cuaca, hama, harga), kebanyakan petani dan peternak tidak memiliki jaminan dalam permodalan karena skala usaha pertanian adalah mikro kecil. Menurut Bank Indonesia penyaluran sektor permodalan pertanian hanya sebesar 5,4% dari keseluruhan permodalan nasional. Mayoritas bentuk permodalan yang diberikan juga menerapkan bunga, sehingga mengandung unsur Riba. Pinjaman yang berdasarkan pada sistem bunga menimbulkan masalah baru seperti membengkaknya hutang serta kredit macet. Hal ini dikarenakan tidak ada alternatif permodalan yang lebih baik bagi petani dan peternak. kondisi ini membuat praktek Riba telah membudaya dalam masyarakat dan menganggap bahwa sektor pertanian dan peternakan tidak akan berjalan tanpa permodalan dari bank.

"Kualitas dan kuantitas produksi dapat dijaga dan ditingkatkan apabila didukung dengan kualitas dan kuantitas modal pertanian dan perikanan yang baik dan cukup, seperti benih yang unggul, pupuk dan pestisida serta pakan yang mencukupi. Sebaliknya, jika petani dan peternak hanya mengandalkan modal semampunya, dari mulai bibit yang kurang unggul, pestisida dan pupuk serta pakan yang minim sehingga berdampak hasil panen yang minim.

AZ Modal merupakan program kerjasama permodalan berupa benih unggul, pupuk dan pestisida serta pakan kepada petani dan peternak mitra. Petani dan peternak dapat menggunakan permodalan dengan kuantitas dan kualitas yang baik dengan akad musyarakah. Bagi hasil dengan petani dan peternak merupakan hasil musyawarah sehingga kedua belah pihak saling righo. Diharapkan dengan kerjasama permodalan dengan kuantitas dan kualitas yang cukup dan dengan bimbingan dan pelatihan dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian dan perikanan.

Mari dukung "Gerakan Petani dan Peternak Bebas Riba", Gerakan kerjasama modal berupa benih unggul, pupuk dan pestisida serta pakan yang cukup guna membebaskan petani dan peternak dari riba serta meningkatkan hasil panen untuk mewujudkan kesejahteraan Bersama.

Copyright © 2018. All rights reserved.